•   Call Us: 0812 8280 7200
  •   bayu@indocipta.co.id

Blog

Memasang sticker cutting yang benar

Jul 11 2014

Selain Metode Kering, ada metode lain yang bisa kamu lakukan sendiri dengan peralatan seadanya pula.

METODE BASAH

Metode lain yang biasa dipakai untuk memasang sticker cutting adalah dengan Metode Basah. Ini pun bisa kamu lakukan sendiri karena mirip dengan Metode Kering yang pernah dibahas sebelumnya. Hati-hati untuk aplikasi pada media yang rentan basah/lembab seperti laptop atau elektronik lain (untuk kasus ini sebaiknya gunakan Metode Kering).

 

Alat dan bahan:

  • Sticker cutting yg mau dipasang
  • Air sampo dengan perbandingan 1 liter air -> 1 sachet sampo
  • Rakel atau kartu identitas yg kaku seperti KTP, dsb
  • Kanebo atau lap
  • Jarum atau peniti
  • Hotgun atau hairdryer aja cukup, kalo nda punya, nda usah pake nda papa

Metode:

  1. Bersihkan dulu permukaan media yg akan ditempel menggunakan lap. Kalo perlu cuci dulu sampe bersih, sampe bebas debu.
  2. Atur posisi sticker di permukaan media sesuai keinginan. Ukur kalo perlu, dan tandai posisi sticker dengan pensil agar bisa dihapus.
  3. Lepaskan release paper (kertas dibelakang stickernya). Lalu semprot/basahi sisi sticker yang lengket. Basahi juga permukaan media yang akan ditempeli sticker. Secukupnya aja, tapi jangan kurang basah juga.
  4. Tempelkan sticker pada media. Jangan kuatir salah, sticker ndak akan nempel untuk saat ini. Paskan dengan tanda dari pensil yang udah kamu buat.
  5. Ukur sekali lagi posisi sticker apakah sudah pas atau masih miring. Betulkan posisinya.
  6. Kalo udah, ratakan dengan kartu KTP (rakel) untuk mengeluarkan air dari sela-sela sticker. Urut pelan-pelan sampai air sampo sudah tidak ada yang terperangkap.
  7. Keringkan pake hairdryer dan lap. Kalau kamu pake hotgun, hati-hati jangan terlalu dekat dengan sticker, karena hotgun sangat panas, sehingga malah dapat merusak sticker.
  8. Tunggu beberapa menit sampe kering. Lalu lepaskan masking tape atau transfer tape dari sticker pelan-pelan. Bila belum cukup kering, akan ada sticker yang ikut terangkat. Jadi kamu harus sabar.
  9. Teliti adanya gelembung-gelembung air yang terperangkap. Kalau ada, keluarkan pake kartu KTP (rakel). Bila tidak bisa, tusuk pake jarum atau peniti, dan keluarkan airnya lewat lubang itu.
  10. Selesai. membutuhkan waktu beberapa jam agar sticker bener-bener kering dan nempel dengan sempurna. Oiya, jangan lupa hapus tanda dari pensil yang tadi.
Read 1297 times
Rate this item
(1 Vote)

About The Author

Bayu (INDOCIPTA)

Terima kasih telah berkunjung di web Kami, disini saya menuliskan beberapa tips atau cara pembuatan yang berkaitan dengan bidang yang kami kerjakan. juga beberapa project yang sedang kami kerjakan. selamat membaca..